Tahun Depan, Kuota Haji Tak Lagi Dipangkas


Selain kabar duka, ada kabar yang cukup menggembirakan dari Mekah. Menteri Haji Arab Saudi, Bandar Hajjar, menyatakan jika musim haji tahun ini merupakan tahun terakhir diberlakukannya pemangkasan kuota haji.

“Mulai dari musim haji berikutnya, jumlah calon jamaah haji akan meningkat menjadi 5 juta dan kemudian ke-30 juta dalam lima tahun mendatang,” sebutnya seperti diwartakan Arab  News (14/9).

Oleh karena itu, kata Hajjar, pihak kerajaan Arab Saudi akan meningkatkan sistem layanan haji. Peningkatan dimaksud antara lain dilakukan dengan pembuatan dan pengoperasian sistem elektronik terpadu untuk calon jamaah haji dari luar Arab Saudi.

“Semua tugas dan fungsi terkait dengan prosedur kedatangan dijalankan dan didokumentasikan, seperti kontrak dan paket layanan yang ditawarkan, transportasi dan akomodasi,” imbuhnya.

Disebutkan juga oleh Hajjar, badan yang dipimpinnya akan berkoordinasi secara intensif dengan Departemen Luar Negeri terkait penerbitan visa haji. Dengan demikian, setiap orang hanya melalui sistem elektronik terpadu.

Terkait dengan kesehatan jamaah, Raja Saudi telah meminta semua pihak yang terlibat dalam pelayanan haji untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik dan perawatan medis bagi semua jamaah. Dengan demikian, jamaah bisa melaksanakan rukun Islam kelima ini dengan tenang.


sumber : pewartaekbis.com

0 Response to "Tahun Depan, Kuota Haji Tak Lagi Dipangkas"

Posting Komentar